Tips Sederhana Ini Akan Membuat Anda Tidak Gampang Sakit Saat Musim Hujan

Viralmerdeka.com - Musim hujan telah mulai melanda sebagian kota di Indonesia. Perubahan musim biasanya akan menimbulkan masalah bagi kesehatan manusia. Agar tidak gampang sakit, Anda harus menjaga kesehatan, apalagi kalau sering kehujanan.

Di musim hujan, banyak sekali penyakit yang bisa menyerang Anda secara tiba-tiba. Termasuk halnya batik, flu, pilek, demam, diare dan penyakit lainnya.

Kalau sudah sakit, pastinya Anda akan absen di kantor atau sekolah. Hal ini tentunya akan menggangu aktivitas Anda karena tubuh terasa letih dan tidak nyaman.

Untuk itu, Anda harus mencegah jangan sampai mengalami sakit infeksi. Dilansir Okezone, Senin (20/11/2017), berikut 6 tips sederhana menjaga kesehatan di musim hujan. Mau tahu caranya?


Sedia payung atau jas hujan

Lindungi tubuh Anda dengan payung atau jas hujan agar tidak kehujanan. Gunakan saat hujan tiba, jangan anggap remeh hal ini, karena tubuh gampang kedinginan dan memicu penyakit. Selain itu, gunakan sepatu tahan air agar tidak meresap ke tubuh.

Vitamin C

Selama musim hujan, Anda harus meningkatkan asupan vitamin C, baik dalam bentuk makanan alami atau sebagai suplemen makanan. Langkah ini dapat mengaktifkan antibodi yang menjaga tubuh agar melawan infeksi. Khasiatnya tak diragukan lagi, karena bisa mencegah flu atau pilek.

Minuman hangat

Anda juga harus memperbanyak konsumsi minuman hangat usai kehujanan. Ada beberapa minuman yang juga menyehatkan badan, termasuk susu, teh, minuman hangat dari sari buah atau sekalipun air putih hangat. Anda yang mengonsumsi minuman ini dapat menjaga kestabilan badan agar tetap baik.

Menjaga kebersihan

Mikroorganisme rentan tumbuh di musim hujan, maka cobalah untuk menjaga kebersihan di sekitar lingkungan Anda. Kalau tidak, Anda terserang flu dan penyakit infeksi lainnya.

Tidak jajan sembarangan

Saat musim hujan, hindari jajan makanan di gerobak kaki lima. Biasanya, kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Lebih baik Anda membawa bekal makanan dari rumah yang sudah terjamin proses memasaknya. Tentunya lebih bergizi dan takaran bumbu disesuaikan.

Minum banyak air putih

Selama beraktivitas, jangan lupa tetap minum air putih. Cara ini membuat Anda tetap terhidrasi dan mendapatkan manfaat lainnya. Meski cuaca sejuk, tubuh Anda harus mendapatkan asupan air putih yang banyak agar tetap terjaga.

Click to comment
 
close
[Click Here(Close)]