6 Langkah Mudah Memulai Jualan Online Bagi Pemula

Viralmerdeka.com - Saat ini banyak sekali pengusaha yang sudah memilih menjual produknya secara online, Karena di zaman serba online ini, memasarkan produk secara online adalah sudah menjadi keharusan, melihat banyaknya konsumen yang mulai beralih berbelanja secara online. Menurut data ada ribuan hingga jutaan transaksi jual beli online setiap harinya. Ini merupakan sebuah kesempatan emas untuk meraup keuntungan sebaganyak banyaknya.

6 Langkah Mudah Memulai Jualan Online Bagi Pemula

Banyak pengusaha yang merasakan manisnya menjual produknya secara online, mereka mengaku untung besar. Bagaimana tidak, menjual produk secara online memiliki pangsa pasar ribuan kali lipat dari pada menjual secara offline atau konvensional. Selain itu menjual secara online juga fleksibel yang tidak terikat ruang dan waktu.

Jika anda juga menginginkan manisnya berjualan secara online, anda juga bisa melakukannya. Cukup dengan memiliki perangkat seperti handphone atau komputer dan internet anda sudah bisa menjual produk anda secara online. Namun perlu di ingat jualan online tidak sesederhana yang anda bayangkan, tidak semua orang berjualan online itu bisa meraih sukses. Jika anda pemula yang akan terjun di dalam penjualan online, anda perlu belajar bagaimana cara memulai bisnis online ini dengan baik dan benar yang bisa mendatang kesuksesan bagi anda.

Langkah Langkan Memulai Jualan Online


1 | Carilah Produk Yang Laris Manis

Haruskah menjual produk yang potensial laris dipasaran, jawabannya adalah tidak harus, banyak
Juga pengusaha online yang menjual produk yang tidak popular namun bisa meraih keuntungan yang besar. Logikanya begini, produk yang tidak popular aja bisa meraih kesuksesan apalagi produk yang pupuler yang memang benar laris manis ya kan? Penjualan akan lebih mudah untuk meraih kesuksesan dengan produk yang laris manis.

Lalu bagaimana dengan persaingan? Memang, untuk produk produk yang laris dipasaran persaingan memang ketat, namun itu bukanlah sebuah masalah, untuk mengatasi itu butuh belajar startegi marketing yang nanti juga akan saya bahas juga.

Inilah beberapa produk yang laris jualan online :

Fashion
Kosmetik
Alat Alat Rumah Tangga
Aksesoris Handphone
Aksesoris Laptop
Dekorasi Rumah
Perlengkapan Bayi
Gadgate
Perlengkapan Sepeda Motor
Dan masih banyak yang lainnya


2 | Menyusun Rencana Pemasaran/Marketing

Berjualan tidak bisa lepas dari pemasaran, baik online dan offline sama sama memerlukan strategi pemasaran yang jitu untuk bisa meraih kesuksesan. Setelah memiliki produk laris, langkah penting yang harus anda lakukan adalah menyusun rencana pemasaran, bagaimana agar orang bisa berkunjung ke toko oline anda.

Ada banyak sekali strategi pemasaran online baik yang berbayar maupun yang gratis. Untuk contoh pemasaran yang berbayar seperti beriklan di Google, di web web popular ataupun pemasaran berbayar di media sosial seperti Facebook Ads.  Sedangan untuk yang gratis anda bisa memanfaatkan media sosial, blog gratisan, pengiklanan gratis, forum forum pemasaran dan sebagainya.

Anda juga bisa membuat rencana pemasaran secara offline, dengan menyebar brosur, stiker, pamflet dan stiker dengan memberikan alamat toko online, tentunya pemasaran ini bisa membantu meledakkan penjualan anda. Banyak sekali strategi strategi penjualan yang dahsyat yang dibahas di website website, anda bisa mempelajarinya kemudian mempraktekannya.

3 | Pilih Platform Tempat Jualan

Platform tempat berjualan online juga bisa anda rancang dalam strategi marketing anda, dimana anda akan menjual produk anda agar laris manis, untuk poin ini telah saya bahas dengan panjang lebar di blog saya yang lain yaitu di kendedeskomputer.com dengan judul 3 Tempat Jualan Online Yang Bisa Bikin Daganganmu Laris Manis silahkan anda membacanya disana sudah saya bahas termasuk dari segi potensinya.

4 | Buat Toko Anda

Setelah tempat berjualan produk anda sudah ditentukan, selanjutnya anda membangun toko anda. Jika memilih market place seperti di tokopedia, silahkan anda buka toko anda disana, daftar dan kemudian upload produk anda disana.

Atau jika anda ingin membangun toko online secara mandiri, silahkan membangun website, dan belajarlah Search Engin Optimation (SEO) agar toko online anda bisa bisa masuk di halaman pertama Google. Dengan begitu maka akan banyak yang mengunjungi toko online anda, dan potensial untuk berteransaksipun akan besar.

5 | Terapkan Strategi Perang

Berjualan online itu ibaratkan perang. Dengan persaingan yang besar anda perlu strategi yang jitu untuk memenangkan persaingan ini, jika toko online anda sudah anda buat, nah disinilah saatnya anda menerapkan strategi anda.

Usahakan dalam strategi pemasaran tidak terpaku hanya pada satu strategi pemaran saja, buatlah banyak pemasaran yang menurut bisa mendongkrak penjualan anda. Cobalah strategi strategi baru, dengan begitu anda bisa melihat mana diantara strategi yang anda terapkan itu yang berjalan dengan baik.

6 | Jangan Pernah Berhenti Belajar

Berjualan online itu tidak akan selamanya berjalan mulus, anda pasti akan menemukan berbagai masalah, terutama komplen dari pembeli, Dari situ anda bisa belajar agar pelayanan anda bisa lebih baik dari sebelumnya. Semakin anda banyak belajar maka kesuksesan anda akan semakin mendekat.

Penjual yang suksespun tidak pernah berhenti untuk belajar, dan mereka selalu mencari cara bagaimana meningkatkan penjualan dan pelayanan mereka, sehingga tidak heran kesuksesan penjualan mereka semakin meningkat.

Itulah 6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula, jika anda tidak mencobanya sudah bisa dipastikan anda tidak akan pernah mencicipi gurihnya bisnis online ini, namun jika anda memulainya dari sekarang 50 % sudah berada ditangan anda.

Click to comment
 
close
[Click Here(Close)]