Pengungsi Rohingya : ‘Myanmar Ingin Menumpas Habis Kami’

Viralmerdeka.com - Seorang pengungsi Rohingya mengatakan pemerintah Myanmar berencana untuk menyapu bersih etnis Rohingya dari negara bagian Rakhine, di barat Myanmar, Kamis (30/8/2017).



Dilansir Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, Jumat (1/8/2017), Karimullah Muhammed salah satu warga Rohingya yang mengungsi ke Indonesia. Ia mengatakan, kekerasan yang dilakukan terhadap orang Rohingya bukanlah hal yang baru bagi mereka.


“Myanmar telah melakukan pembunuhan massal dalam waktu yang lama, namun pemerintah telah meningkatkan pembasmian dalam beberapa tahun terakhir,” kata Muhammed.

Muhammed mengatakan sebagian keluarhanya termasuk saudara perempuannya, masih berada di Rakhine, sementara beberapa kerabat lainnya tewas dalam aksi kekerasan yang tengah berlangsung.

“Saya membaca berita bahwa sekitar 300 warga Rohingya terbunuh, namun saya telah diberitahu teman-teman saya yang diserang (di negara bagian Rakhine) bahwa lebih dari 3.000 Muslim Rohingya terbunuh dan hampir 100 desa dibakar habis,” ungkapnya.

Dunia masih tetap diam membisu menghadapi pembunuhan massal di Rakhine.
Ia membantah terkait pemberitaan Sejumlah laporan media yang bersumber dari pemerintah Myanmar mengklaim bahwa umat Muslim telah menyerang umat Buddha dan memperkosa wanita-wanitanya.


“Hal ini jelas-jelas salah. Bagaimana mungkin kelompok minoritas yang telah hidup dalam kekerasan selama bertahun-tahun melakukan hal itu?” pungkasnya. (ATbn)

Click to comment
 
close
[Click Here(Close)]